Pada tanggal 21 September 2023, Tim LSPP1-UNJ melanjutkan kegiatan studi bandingnya di Pulau Dewata Bali dengan mengunjungi LSP MSDM Baliasean Int’ sebagai tujuan. Seluruh Tim LSPP1-UNJ beserta Tim UPT UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi UNJ dan Keuangan UNJ tiba pada LSP ini tepat pukul 08.00 WITA.

LSP MSDM Baliasean Int’ merupakan LSP yang terbentuk di tahun 2018. Hingga 2023, LSP ini telah memiliki 18 skema yang dapat diujikan. LSP ini termasuk jenis P3 yang menjadikan orang yang telah bekerja di bidang tertentu selama bertahun-tahun dan ingin memperoleh sertifikasi. Tahun 2023 ini, LSP memiliki target akan mensertifikasi 3.500 asesi.

Tujuan LSPP1 UNJ melakukan studi banding pada lembaga ini dikarenakan LSP ini telah menerapkan Certification Management System dalam pelaksanaan asesmen kompetensi. LSP MSDM Baliasean Int’ telah menggunakan salah satu platform media digital yang dikembangkan oleh pihak vendor. Berdasarkan penjelasan Tim LSP, media digital sangat diperlukan saat ini karena dapat menghemat tempat dan biaya penyimpanan dokumen, mempermudah dan menghemat waktu pengerjaan tugas para asesor, dan mempermudah LSP khususnya ketika asesmen dilaksanakan di luar kota. Selain itu, sistem digital ini sudah sesuai dengan pedoman BNSP.

Terima kasih LSP MSDM Baliasean Int’ atas sambutannya yang luar biasa, serta kesediaannya berbagi informasi dan pengalamannya khususnya terkait dengan pengelolaan asesmen kompetensi dengan menggunakan media digital (paperless system)… Sukses untuk LSP MSDM Baliasean Int’…

Salam Competent dan Competitive

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *