Aktivitas

PELATIHAN RECOGNITION OF CURRENT COMPETENCY (RCC) ASESOR KOMPETENSI DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Humas UNJ (09/08/2020) – Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama UNJ (LSPP1-UNJ) dalam melaksanakan uji kompetensi bagi mahasiswa UNJ adalah adanya asesor kompetensi yang memiliki sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sertifikat tersebut diberikan kepada seorang asesor jika dinyatakan lulus dalam pelatihan dan uji kompetensi yang diadakan BNSP. Namun, sertifikat kompetensi tidak berlaku sepanjang waktu karena BNSP menetapkan adanya masa aktif dari sertifikat tersebut untuk masa tertentu.

Sejumlah dosen UNJ telah memiliki sertifikat kompetensi, tetapi sebagian besar di antaranya telah habis masa berlakunya. Agar dapat memperpanjang masa berlaku sertifikat tersebut, maka seorang asesor harus mengikuti kegiatan Refreshment dan Recognition of Current Competency (RCC) atau Penyegaran dan Perpanjangan Sertifikat Asesor Kompetensi.

Pada tanggal 5-6 Agustus 2020, LSPP1-UNJ bekerjasama dengan BNSP telah mengadakan kegiatan Refreshment dan RCC di Gedung UTC Lt. 2 UNJ dan diikuti oleh 12 orang dosen UNJ. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor I UNJ, Bapak Prof. Dr. Suyono, M.Si dan dihadiri oleh seluruh pengurus LSPP1-UNJ yang dipimpin oleh Dr. Alsuhendra, M.Si. Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. Suyono, M.Si menyatakan bahwa UNJ berkomitmen untuk membangun dan memastikan seluruh mahasiswa UNJ kompeten di bidangnya dan diharapkan pada saat lulus, mahasiswa sudah memiliki sertifikat kompetensi setelah mengikuti uji kompetensi di LSPP1-UNJ. Karena itu, UNJ akan membantu memastikan link and match antara kompetensi lulusan dengan tuntutan kompetensi pasar kerja.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Kegiatan Refreshment dan RCC dilaksanakan oleh LSPP1-UNJ setelah mendapatkan izin dan persetujuan dari BNSP. Dalam hal ini, LSPP1-UNJ mengajukan permohonan pelaksanaan Refreshment dan RCC, lalu BNSP akan mengirimkan Master Asesor sebagai narasumber dan penguji. Master Asesor yang ditugaskan BNSP pada kegiatan tersebut ada 2 orang, yaitu Ir. Benny Bunyamin dan Drs. Psi. Baiturokhim.

Pada kegiatan tersebut, kedua Master Asesor memberikan materi secara bergantian selama 11 jam pelajaran. Materi yang diberikan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu 1) Merencanakan Aktivitas dan Proses Asesmen, 2) Melaksanakan Asesmen, dan 3) Memberikan Kontribusi dalam Validasi Asesmen. Selain materi, Master Asesor juga memberikan latihan kepada para peserta pelatihan terkait 3 materi tersebut guna mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki. Latihan tersebut juga dimaksudkan agar seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti ujian kompetensi dengan baik.

Setelah mendapatkan teori dan latihan dari Master Asesor, seluruh peserta RCC mengikuti uji kompetensi untuk memastikan peserta telah menguasai ketiga materi yang telah diberikan. Peserta dinyatakan kompeten jika mampu menjawab semua pertanyaan Master Asesor serta mampu membuat perangkat uji kompetensi dengan baik dan sesuai persyaratan. Namun, keputusan kelulusan peserta RCC tetap menunggu hasil sidang pleno BNSP. Semoga semua peserta RCC dinyatakan lulus, sehingga dapat melakukan uji kompetensi bagi mahasiswa UNJ.

PELATIHAN DAN SERTIFIKASI ASESOR KOMPETENSI DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

This image has an empty alt attribute; its file name is image-3.png

Humas UNJ (12/08/2020) – Dalam rangka perpanjangan lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama Universitas Negeri Jakarta (LSPP1-UNJ) oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), maka salah satu unsur yang harus dimiliki oleh LSPP1-UNJ agar dapat melaksanakan uji sertifikasi adalah adanya asesor kompetensi. Asesor kompetensi merupakan seseorang yang memiliki kompetensi dan memenuhi persyaratan untuk melakukan uji kompetensi pada jenis dan kualifikasi profesi tertentu. Tanpa asesor kompetensi, LSPP1-UNJ tidak dapat melaksanakan uji kompetensi bagi mahasiswa.

Untuk dapat menjadi seorang asesor, dosen UNJ terlebih dahulu harus mengikuti pelatihan selama 40 jam pelajaran dan dilanjutkan dengan uji kompetensi oleh Master Asesor dari BNSP. Jika dinyatakan lulus, maka dosen tersebut akan mendapatkan sertifikat asesor kompetensi yang diterbitkan oleh BNSP.

Pada tanggal 10-14 Agustus 2020, LSPP1-UNJ telah melaksanakan kegiatan pelatihan asesor kompetensi bagi dosen di lingkungan UNJ. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan asesor kompetensi di LSPP1 UNJ yang menjadi syarat utama agar lisensi LSPP1-UNJ dapat diperpanjang. Meskipun dalam kondisi pandemik covid-19, pelatihan asesor kompetensi dapat dilaksanakan secara tatap muka (offline) dengan tetap memperhatikan protocol Kesehatan.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-4.png

Bertempat di Gedung UTC Lantai 2 Kampus A UNJ, pelatihan asesor kompetensi dibuka oleh Ketua Komite Skema Sertifikasi LSPP1-UNJ, yaitu Dr. Imam Basori, ST., MT. serta Ketua LSPP1-UNJ, yaitu Dr. Alsuhendra, M.Si. Dalam sambutannya, Dr. Imam Basori, ST., MT menyampaikan pentingnya sertifikat kompetensi bagi lulusan UNJ agar dapat bersaing di pasar kerja dengan calon tenaga kerja lainnya. Apalagi saat ini dunia usaha dan dunia industri  telah menjadikan sertifikat kompetensi sebagai salah syarat untuk mendapatkan pekerjaan atau menduduki posisi tertentu dalam pekerjaan. Sejalan dengan itu, Dr. Alsuhendra, M.Si yang menjabat sebagai Ketua LSPP1-UNJ untuk periode 2019-2024 menyatakan bahwa asesor kompetensi wajib dimiliki jika LSPP1-UNJ ingin mendapatkan lisensi, yaitu izin dari BNSP agar suatu LSP dapat melaksanakan uji kompetensi.

Kegiatan pelatihan diikuti oleh 12 orang dosen dari berbagai program studi yang ada di UNJ. Secara rinci, kedua belas peserta berasal dari Prodi S1 Bimbingan Konseling sebanyak 2 orang, 4 orang dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS) pada Prodi S1 Ilmu Komunikasi dan Prodi S1 Perjalanan Wisata, 4 orang dari Fakultas Teknik pada Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro, prodi D3 Tata Rias, prodi S1 Tata Rias, dan prodi S1 Pendidikan Teknik Mesin, dan 2 orang berasal dari Fakultas Ekonomi pada prodi D3 Akutansi dan prodi S2 Manajemen.

Pada kegiatan pelatihan asesor kompetensi, seluruh peserta diberikan materi terkait dengan merencanakan aktifitas dan proses asesmen, melaksanakan asesmen, dan memberikan kontribusi dalam validasi asesmen dengan didampingi oleh 2 orang narasumber sebagai Master Asesor dari BNSP, yaitu Dra. Lenny Brida, M.Si dan Rr. Bernadetha RH Meindrati. Jika telah menyelesaikan pembelajaran semua materi serta tugas yang diminta, maka pada tanggal 14 Agustus 2020 seluruh peserta pelatihan akan diuji oleh Master Asesor lainnya dari BNSP. Semoga semua peserta pelatihan tersebut lulus ujian, sehingga berhak mendapatkan sertifikat asesor kompetensi dari BNSP.

1. Jadwal Roadshow LSP ke Fakultas-Fakultas di UNJ

FIS – 11 Februari 2020 Jam 10 di FIS Lt. 1

FBS – 18 Februari 2020 Jam 13

FT – 12 Februari 2020 Jam 10 – di Gd. L Lt. 3

FMIPA – 12 Februari 2020 Jam 13.00

FIO – 14 Februari Ba’da Jumat di FIO

FIP – 19 Februari 2020 Jam 13.00


FE – 19 Februari 2020 Jam 10 di Ruang Sidang FE UNJ


2. Pelaksanaan Uji Sertifikasi di TUK Tata Kecantikan Rambut

3. Pelaksanaan Uji Sertifikasi di TUK Tata Kecantikan Kulit